Lensa kontak menyebabkan kebutaan??



Salah satu solusi mudah bagi mereka yang mempunyai gangguan penglihatan adalah dengan memakai lensa kontak. Bahkan, kini ada beberapa jenis lensa kontak yang menggunakan aneka macam pewarnaan sehingga bisa makin mempercantik penampilan mata. Tapi ternyata, jika kurang hati-hati serta tak rajin membersihkan, risiko kebutaan bisa diterima para pengguna lensa kontak.

Kesimpulan tersebut didapat berdasarkanpenelitian yang dilakukan oleh Universitas La Laguna. Mereka menemukan bahwa para pengguna lensa kontak yang mengabaikan faktor kebersihan pada lensa kontaknya dapat menyebabkan lensa kontak jadi sarang bagi protozoa acanthamoeba. Dan, protozoa jenis inilah yang dapat menyebabkan kebutaan.

Acanthamoeba tidak dapat dimusnahkan dengan membersihkan lensa kontak normal. Spesies ini umumnya ditemukan di tanah, air, maupun di wilayah yang lembab. Acanthamoeba dapat menyebabkan infeksi pada manusia yang disebut dengan amoebic keratitis yang dapat menyerang mata manusia.

Dalam penelitian terungkap bahwa sekitar 85 persen, amoebic keratitis menyerang pada mata pengguna lensa kontak. Pengguna lensa kontak yang rentan terkena bakteri Acanthamoeba seperti pengguna lensa kontak yang tidak melepas lensa pada saat berenang di air yang mengandung chlorinated. Pengguna juga bisa terkena Acanthamoeba jika dalam proses pembersihan lensa kontak dengan cara merendam di air.

Bagi pengguna lensa kontak, perhatikan cara penggunaan, kebersihan, dan pencucian lensa kontak agar terhindar dari Acanthamoeba yang dapat merusak mata. Bagaimana dengan Anda?
http://www.andriewongso.com

3 komentar:

Anonymous said...

Mendingan pake kacamata ...

Unknown said...

mendingan lagi menjaga kesehatan mata :D

jack's blog said...

iya c...

Post a Comment