hindari makan menjelang jam tidur


VIVAnews - Selalu makan pada waktu yang sama setiap harinya dan hindari makan saat jam tidur, jika tidak ingin bobot tubuh meningkat. Karena, penelitian dari Northwestern University, Amerika Serikat menemukan makan tidak teratur bisa memicu peningkatan berat badan.

Peneliti juga mengatakan sebuah kesalahan besar makan di tengah malam, ketika tubuh ingin tidur. Hal itu dapat menggangu ritme circadian (suatu ritme perubahan fungsi-fungsi tubuh individu yang terjadi dalam waktu 24 jam) saat tidur.

"Alasan mengapa berat badan seseorang bisa meningkat, cukup rumit. Tetapi, sangat jelas pertimbangan bukan hanya kalori yang masuk tetapi juga yang keluar," kata Fred Turek, profesor neurobiologi dan psikologi, seperti dikutip dari Times of India.

"Kami pikir ada beberapa faktor yang di bawah kontrol circadian. Waktu makan yang lebih tepat dan baik, dapat menjadi elemen penting dalam memperlambat atau mengurangi risiko obesitas," katanya.

Selama penelitian, para ilmuwan mengamati tikus yang diberi makanan tinggi lemak selama jam tidur, berat badannya meningkat signifikan. Hal itu dibandingkan dengan tikus yang diberi makanan yang sama tetapi bukan pada jam tidur.

"Salah satu fokus penelitian kami adalah pekerja shift, yang cenderung kelebihan berat badan. Jadwal memaksa mereka untuk makan di saat yang bertentangan dengan irama alami tubuh," kata Deanna M. Arble, salah satu peneliti.

sumber : kosmo.vivanews.com

2 komentar:

Berbagi-Gratiz said...

BENER JUGA YACH...

jack's blog said...

@ malang dalam bloger : yup... boleh di coba. heheh

Post a Comment