Fokus Pada Yahoo Search, Yahoo Tutup Mesin Pencarian Altavista Mulai Minggu Depan

Sebelum kemunculan mesin pencari populer yang sering kita gunakan saat ini, seperti Google, Bing, dan Yahoo, ada sebuah mesin pencari yang cukup populer, yaitu Altavista. Diluncurkan pada tahun 1995. Altavista menjadi mesin pencari yang sangat populer, tetapi sesaat ketika Google diluncurkan dan perusahaan besar lainnya mengikuti langkah Google dengan membuat mesin pencari mereka sendiri, AltaVista dengan cepat mulai tumbang. Dan kabar terbaru, Yahoo (yang memiliki AltaVista) akan mematikan mesin pencari klasik tersebut pada 8 Juli nanti.

Yahoo mengatakan bahwa mereka menutup AltaVista untuk “mempertajam” fokus mereka pada produk baru, dan perusahaan meminta pengguna AltaVista (jika mereka masih ada) untuk mulai menggunakan Yahoo Search, dan URL AltaVista secara otomatis akan redirect ke Yahoo Search.

AltaVista diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2003 setelah menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo mulai tahun 1996, dan Altavista adalah sebuah mesin pencari yang jauh lebih maju dibandingkan mesin pencari yang ada di pertengahan tahun 90-an ketika karena saat itu dapat mengindeks lebih dari 20 juta website, berkat web teknologi “crawler” yang inovatif. Tentu saja, itu tidak begitu revolusioner lagi, karena kebanyakan mesin pencari besar memiliki cukup banyak jenis teknologi yang mereka gunakan.

Penutupan AltaVista hanya satu contoh dari berbagai langkah penutupan beberapa layanan dari Yahoo yang baru-baru ini diumumkan. Banyak pengguna yang kecewa atas beberapa penutupan layanan lainnya yang terjadi di perusahaan. FoxyTunes dan Yahoo RSS Alerts ditutup kemarin, dan Neighbors Beta, serta Downloads Beta dan Local API juga akan ditutup akhir bulan ini.[idgeeks]

0 komentar:

Post a Comment