Pengguna Aktif Instagram Naik Pesat

TEMPO.CO , Jakarta:Instagram menjadi media sosial dengan peningkatan jumlah pengguna aktif terbesar dalam enam bulan terakhir. Jumlah pengguna aktif Instagram melonjak 23 persen dari 130 juta pengguna pada Juni 2013 menjadi 150 juta per bulan pada kuartal keempat tahun lalu.  Angka ini muncul berdasarkan survei lembaga GlobalWebIndex terhadap 170 ribu pengguna media sosial di 32 negara.

Data terakhir, jumlah foto yang diunggah ke Instagram sudah mencapai 16 miliar. Setiap hari, 55 juta pengguna mengunggah fotonya. Sebuah situs marketing digital menyebutkan, pengguna Istagram sudah lebih dari 75 juta perhari. Dalam setiap bulan rata-rata pengguna Instagram menghabiskan waktu kunjung selama 257 menit. Setiap hari jumlah orang yang memberi tanda 'like' mencapai 1,2 miliar.

Di Indonesia, istri Presiden SBY, Ani Yudhoyono, termasuk satu dari orang yang beberapa kali berbagi foto di Instagram.

Persentase peningkatan pengguna aktif Instagram ini lebih tinggi dibanding media sosial lain, semacam Google+, LinkdIn, Reddit, maupun Twitter. Reddit meningkat 13 persen. Adapun pengguna aktif LingkedIn meningkat 9 persen.

Namun GlobalWebIndex menyebutkan jumlah pengguna aktif sejumlah media berplatform sosial justru menurun, termasuk Facebook. Instagram merupakan media sosial milik Facebook. Sejak mengakuisisi pada 2012,  Facebook menambahkan fasilitas video dan foto sharing di Intagram sejak Juni lalu.

Menurut situd tadi, pengguna aktif Facebook turun tiga persen dibanding tahun lalu. Namun Facebook dengan pemilik akun yang lebih dari 1,9 miliar masih menjadi jejaring sosial paling populer, bahkan di Cina sekalipun.

YouTube menjadi media populer kedua setelah Facebook. Namun pengguna aktif YouTube turun sebanyak tiga persen. Padahal YouTube mengklaim jumlah pengguna aktif yang unik mencapai 1 miliar setiap bulan pada kuarter pertama tahun lalu.

Media sosial terpopuler berikutnya yakni Google+, Twitter dan LinkedIn. Dari lima media sosial terpopule ini, Google+ dan Twitter yang mengalami peningkatan pengguna aktif. Google+ hanya meningkat enam persen. Google mengklaim sebanyak 300 juta pengguna aktif per bulan pada Oktober tahun lalu dari 190 juta pada Mei tahun yang sama.

Adapun Twitter naik dua persen saja.  Dalam IPO November lalu, Twitter menyatakan pengguna aktifnya yang terdaftar di dunia mencapai 232 juta dari 883 juta orang yang membuat akun Twitter.  Angka pemilik akun Twitter ini hampir meningkat dua kali lipat dari tahun 2012 yang baru 500 pemilik akun dengan 138 pengguna aktif.[tempo]

0 komentar:

Post a Comment