106 "YouTubers" Indonesia Tembus 100.000 "Subscribers"

KOMPAS.com - Sejak 2015, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah unggahan video YouTube terbesar se-Asia Pasifik. Hal tersebut menunjukkan masifnya ide-ide kreatif yang berasal dari kreator lokal.

Tahun ini, ekosistem YouTube semakin mapan dengan kemunculan "YouTuber" (bintang YouTube) baru. Data terakhir menunjukkan, tak kurang dari 106 YouTubers Indonesia sudah memiliki subscribers (pengikut) lebih dari 100.000.

Jumlah tersebut menurut YouTube Partnership Lead South East Asia, Niken Sasmaya, meningkat hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

"Tahun lalu baru 40 YouTubers yang punya subscribers di atas 100.000," kata Niken dalam acara pembukaan "YouTube Space Jakarta" di Bintaro Permai, Jakarta Selatan, Kamis (8/9/2016).

Jenis-jenis konten yang diunggah pun semakin luas. Menurut Niken, video YouTube terdahulu hanya didominasi kategori musik dan entertainment.

Kini, kategori lain seperti dunia anak-anak, teknologi, otomotif, kecantikan, dan fesyen, juga mulai bermunculan dan mendapat respons positif.

Kolaborasi untuk tambah subscribers

Menurut salah satu "YouTuber" kondang Tanah Air, Eka Gustiwana, jumlah "YouTuber" yang semakin banyak tak lepas dari dukungan YouTube di berbagai sektor. Tak cuma menyediakan platform di internet, Eka menilai YouTube juga kerap berinteraksi dengan para "YouTubers" serta memediasi kolaborasi antar sesama YouTuber.

"Kolaborasi penting banget untuk bikin konten menarik dan bisa sama-sama menambah subscribers. YouTube sering memediasi soal itu," ia menuturkan.


Salah satu contoh konkrit termutakhir, kata Eka, adalah upaya YouTube menghadirkan "YouTube Space Jakarta" mulai hari ini hingga 10 September ke depan. Ruang kreatif itu terletak di Bintaro Permai, Jakarta Selatan, dan dikhususkan bagi para YouTuber lokal untuk belajar, berinteraksi, dan berkreasi.

"YouTube Space ini bikin YouTubers lebih gampang ketemu. Nggak ada gap YouTubers yang sudah punya jutaan massa dan yang baru ratusan ribu," kata dia.

Eka sendiri sudah terkenal sejak beberapa tahun lalu lewat aransemen ulang audio Arya Wiguna. Hingga kini ia masih konsisten membuat aransemen-aransemen baru untuk musik populer. Subscribers-nya berkisar 400.000-an.

0 komentar:

Post a Comment