YouTube Beri Piagam "Tombol Perak" ke Pengguna Indonesia

YouTube Beri Piagam "Tombol Perak" ke Pengguna Indonesia
KOMPAS.com - Membuat konten video di YouTube alias YouTuber mulai dipandang sebagai status pekerjaan. Variabel penentunya adalah jumlah massa yang mengikuti unggahan sang YouTuber atau kerap disebut subscriber.

Semakin banyak subscriber, semakin besar pula kesempatan YouTuber memonetisasi akunnya. Bisa dari iklan di YouTube, bisa juga lewat kerja sama langsung dengan para pemegang merek.

YouTube sebagai platform memotivasi para YouTuber untuk terus berkarya dan menambah subscriber. Salah satunya dengan memberikan penghargaan "Silver Play Button" atau penghargaan berupa tombol "Play" perak, bagi mereka yang berhasil meraup 100.000 subscribers.

Sesuai namanya, bentuk fisik "Silver Play Button" adalah piagam bergambar ikon play YouTube yang terbuat dari perak murni. Piagam itu dilindungi bingkai kaca.

Level berikutnya, YouTuber bakal mendapat penghargaan "Gold Play Button" jika mampu menembus satu juta subscribers. Paling terakhir ada "Diamond Play Button" untuk YouTuber dengan jumlah subscriber mencapai sepuluh juta.

"Penghargaannya benar-benar dari perak asli, emas asli, dan berlian juga asli," kata YouTube Partnership Lead South East Asia, Niken Sasmaya, Kamis (8/9/2016), pada acara pembukaan "YouTube Space Jakarta" di Bintaro Permai, Jakarta Selatan.

Hingga tahun ini, sudah ada 106 YouTuber Indonesia yang punya subscriber lebih dari 100.000. Angka itu naik hampir tiga kali lipat dari 40 kreator pada 2015 lalu.

Baca: 106 YouTubers Indonesia Tembus 100.000 Subscribers

Empat YouTubers lokal yang paling terakhir mencapai 100.000 subscribers adalah Kastari Sentra, Cindercella, AutonetMagz, dan PokoPow. Keempatnya menyuguhkan konten dari lintas kategori, mulai otomotif hingga kecantikan.

Cindercella mengaku bangga sekaligus termotivasi untuk membuat konten yang lebih banyak dan berkualitas. Meski fokus pada konten kecantikan, perempuan berambut blonde tersebut berencana memberi bumbu pada akun YouTube-nya.

"Mau lebih banyak kolaborasi sama teman-teman YouTubers dan bikin video kegiatan sehari-hari tapi yang menginspirasi," ia menuturkan pada kesempatan yang sama.

0 komentar:

Post a Comment