"YouTube Space Jakarta" Jadi Markas YouTuber untuk Tiga Hari

KOMPAS.com - YouTube menghadirkan ruang kreatif temporer untuk para kreator lokal. Dinamai "YouTube Space Jakarta", ruang tersebut resmi hadir di Indonesia sebagai sebagai wadah edukasi, interaksi, dan berkreasi.

"Semua fasilitas di sini gratis. Kreator bisa memanfaatkan studio, kamera, dan alat pengeditan yang kami sediakan," kata Head of YouTube Spaces Asia Pacific, David Macdonald, Kamis (8/9/2016), saat membuka resmi YouTube Space Jakarta.

Terhitung hari ini hingga 10 September, YouTube Space Jakarta, bakal ramai dengan kegiatan-kegiatan kreatif. Antara lain seminar, workshop, serta kolaborasi video antar-kreator atau kerap disebut YouTuber.

Sayangnya, YouTube Space Jakarta yang berlokasi di Bintaro Permai, Jakarta Selatan ini hanya untuk sementara dan cuma beroperasi selama tiga hari.
"Ini masih tahap awal dan kami rasa responsnya positif. Tentu ada rencana membangun ruang permanen, tapi kami belum bisa bilang sekarang," David menuturkan.

YouTube Space Jakarta sendiri dilengkapi dengan tiga studio, lounge, ruang pertemuan, dan ruang pengolahan video. Cuma ada satu syarat yang harus dipenuhi YouTuber jika ingin menikmati semua fasilitas cuma-cuma tersebut, yakni memiliki subscriber di atas 100.000.

David mengatakan pihaknya sebenarnya ingin mengakomodir semua YouTuber, mulai dari pemula hingga yang sudah setenar bintang papan atas. Hanya saja, ruang yang tersedia terbatas sehingga perlu dilakukan penyaringan.

Dalam acara pembukaan, hadir beberapa YouTuber kondang seperti Eka Gustiwana, Cindercella, Chandra Liow, AutonetMagz, dan PokoPow. Semua sepakat bahwa YouTube Space Jakarta bakal membantu mereka dalam menghasilkan konten-konten yang lebih berkualitas.

Menurut Eka, kehadiran YouTube Space Jakarta menunjukkan kepedulian YouTube terhadap para kreator lokal.

"Kami merasa diprioritaskan sebagai kreator. Kami merasa difasilitasi, bukan cuma dari platform di internet tapi sampai di proses produksi," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Eka dan YouTuber lainnya juga berharap ke depannya YouTube Space Jakarta bisa ditetapkan sebagai ruang permanen. Hal tersebut ditanggapi positif oleh pihak YouTube.

YouTube Space pertama kali dibuka pada 2012 lalu dan hingga kini pengunjungnya sudah lebih dari 150.000 kreator di seluruh dunia. Sebelum ke Jakarta, Pop-up Space semacam ini sudah lebih dulu hadir di dua kota Asia lainnya, yakni Bangkok dan Seoul.

Sementara itu, YouTube Space yang permanen ada di Los Angeles, New York, London, Tokyo, Berlin, Paris, Sao Paulo, Mumbai, dan Toronto.

0 komentar:

Post a Comment