Sehat itu Berawal Dari 6 Kebiasaan Simple Ini

Anda tentu pernah mendengar pepatah “Sedia payung sebelum hujan” atau “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tindakan pencegahan penyakit adalah faktor penting guna menjaga kesehatan.


Banyak orang berfokus melakukan hal-hal besar dan mahal untuk mencegah penyakit datang, sedangkan hal-hal kecil sering mereka abaikan. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah simple yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar terbebas dari serangan penyakit. Sebagai tambahan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan kebiasaan ini.

Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari
Jalan kaki 15 menit setiap hari dapat membantu melancarkan aliran darah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan. Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dan murah yang bisa dilakukan siapa saja. So, selipkan aktivitas sehat ini di tengah kesibukan Anda.

Rajin-Rajinlah Cuci Tangan

Langkah pertama untuk pencegahan penyakit adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan baik. Cucilah tangan Anda secara berkala selama 20 detik untuk menyingkirkan kuman, lakukan hal ini sebelum dan setelah makan, dan juga setelah Anda keluar toilet, menyentuh perabot rumah, bahan kimia, lumpur, dan lain sebagainya.

Para ahli kesehatan menyarankan agar kita mencuci tangan dengan airhangat yang mengalir dan menggunakan sabun anti-bakteri. Pastikan Anda membersihkan tangan dengan benar, sela-sela jari dan kuku dengan baik, karena biasanya kotoran yang mengandung kuman sering tersangkut di area ini.

Higienis Saat Menggunakan Toilet Umum
Ketika berada di toilet umum, hindari penggunaan handuk toilet yang tersedia untuk mengeringkan tangan, lebih baik gunakan tisu dan mesin pengering yang disediakan. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda membawa sendiri handuk ataupun tisu basah untuk membersihkan tangan secara steril agar tidak terkontaminasi kuman dan bakteri.

Kenakan Masker Saat Berkendara
Jika Anda pengendara motor, biasakan untuk mengenakan masker agar Anda terlindungi dari polusi di jalan raya. Polusi di jalan raya baik dari kendaraan bermotor ataupun dari industri tertentu membuat tubuh rentan terpapar radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Tidak hanya pengendara motor, pengendara mobil juga dianjurkan untuk mengenakan masker di jalan raya.

Higienis Saat Memasak

Menyiapkan makanan secara higienis, cuci tangan sebelum dan setelah makan. Saat memasak makanan laut, daging dan unggas mentah, sangat penting untuk membersihkannya sebelum dimasak. Jangan gunakan piring yang sama untuk menyimpan makanan yang sudah dimasak dengan yang mentah. Atur temperatur suhu mesin pendingin dengan tepat untuk menyimpan makanan di dalamnya.

Sediakan Obat-obatan di Rumah

Sediakan obat-obatan di rumah untuk penanganan pertama jika salah seorang anggota keluarga sakit. Usahakan tempat penyimpanan obat jauh dari jangkauan anak-anak dan bersih dari kotoran. Jika pemberian obat-obatan di rumah tidak memberikan hasil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.[duniafitnes]

0 komentar:

Post a Comment