Whatsapp Kirim 27 Miliar Pesan dalam Sehari

TEMPO.CO, California - Aplikasi layanan pesan singkat, Whatsapp, telah mengirimkan 27 miliar pesan dalam sehari. Hal ini diklaim oleh perusahaan Whatsapp melalui Twitternya pada Rabu, 12 Juni 2013, seperti dilansir situs Theinquirer.

Angka yang mengesankan itu diperoleh Whatsapp dari 10 miliar pesan yang dikirim oleh pengguna dan 17 miliar pesan yang diterima para penggunanya dalam sehari. Menurut keterangan perusahaan Whatsapp, perbedaan angka ini dikarenakan tiap pesan yang dikirimkan ke sebuah grup akan diterima oleh semua anggota dalam grup itu dimana satu pesan dikirim, beberapa pesan diterima.


Hal ini menjadi rekor baru bagi perusahaan karena dalam waktu enam bulan mampu mencapai angka layanan pesan yang tertinggi. Perusahaan berhasil memecahkan rekor sebelumnya, yakni 18 miliar pesan, pada tanggal 31 Desember 2012 ketika Whatsapp memproses tujuh miliar pesan masuk dan 11 miliar pesan keluar.

Pada Oktober 2011, Whatsapp juga mengklaim telah mencapai satu miliar pesan per hari, melebihi batas layanan pesan pada masa itu. Whatsapp mengemukakan bahwa satu miliar pesan per hari sama dengan rata-rata 41,6 juta pesan per jam, 694,4 ribu pesan menit, dan 11,5 ribu pesan per detik. Sementara untuk rekor baru tahun ini, katanya, menghasilkan rata-rata harian 1,1 miliar pesan dalam satu jam, dan 18,7 juta pesan per menit serta 312,4 ribu pesan per detik.


Rekor baru jumlah pesan yang dikirim melaui Whatspp tahun 2013 hanya menunjukkan peralihan biasa dari pengiriman pesan teks SMS jadul yang dikirimkan pengguna ponsel. Perusahaan riset Informa pada April 2013 mengatakan bahwa layanan pesan SMS telah diambil alih oleh aplikasi chat seperti Whatsapp untuk pertama kalinya dengan menunjukkan angka lebih dari satu miliar pesan dikirim per hari pada aplikasi chat. Informa memprediksi pesan instan yang terkirim melalui aplikasi chat akan terus meningkat hingga mencapai 41 miliar setiap harinya pada akhir tahun 2013.

0 komentar:

Post a Comment